Contoh Pidato / Ceramah Bulan Puasa



Dibulan suci Puasa biasanya seseorang (kaum Muslim) akan terlibat dalam berbagai macam agenda religi dan rohaniah. Di bulan suci Ramadhan banyak acara-acara bertemakan keislaman yang dilangsungkan. Penyelenggaraan acara religi dalam bulan Puasa biasanya berlangsung di Mushollah, Masjid, Sekolah dan juga tempat umum.

Salah satu agenda atau acara yang sering diselenggarakan dalam bulan yang penuh berkah ini adalah mengadakan jadwal acara kumpul bersama yang diisi dengan sambutan-sambutan Islami, pidato berupa seruan untuk menjaga nilai keimanan dan motivasi serta dorongan untuk meningkatkan ketaqwaan.

Jika anda seorang santri, dan anda diundang untuk memberikan pidato pada suatu majlis kemudian anda merasa sedikit bingung karena sebelumnya belum pernah berpidato didepan kerumunan banyak orang untuk menyampaikan nilai-nilai Islami berkaitan dengan bulan Ramadhan, berikut contoh teks Pidato bulan Puasa.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah….

Puja dan puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih berkesempatan untuk menunaikan salah satu kewajiban kita sebagai kaum Muslimin, yakni menjalankan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad, SAW. yang telah memberikan petunjuk kepada kita sehingga kita berada pada jalan yang di Ridhoi.

Alhamdulillah kita masih bisa menjalankan ibadah Puasa sebagai salah satu dari rukun Islam. Ramadhan adalah bulan yang penuh nikmat dan berkah. Di bulan yang suci ini Allah AWT. memberikan kemurahan yang tak terhingga kepada kita berupa ampunan serta pensucian diri dari dosa-dosa yang telah kita perbuat. Mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan dimana kita kian mendekat kepada Allah dan menjadi hamba-Nya yang sholeh dan sholihah.

Puasa mengajarkan kita untuk memahami akan banyak hal sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah. Dengan menahan lapar sepanjang hari kita akhirnya dapat mawas diri bahwa semua sajian makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lain adalah rizki yang diberikan oleh Allah SWT. terhadap kita. Tanpa kemurahan-Nya kita tidak akan bisa memakan dan meminum apa pun. Dengan menahan lapar, Allah membuka mata hati kita bahwa sesungguhnya masih banyak orang lain yang membutuhkan pertolongan kita. Para fakir miskin harus menjadi perhatian kita selaku umat yang bertaqwa. Berikan sedekah kepada mereka sebagai hak yang telah diberikan oleh Allah kepada mereka melalui kita.

Mari kita senantiasa mengingat akan perintah serta larangan Allah SWT. Mari kita meningkatkan nilai keimanan kita dengan terus melakukan ibadah dan menjauhi segala larangan-Nya. Bulan puasa adalah bulan yang agung, mari mensucikan tubuh dan fikiran kita agar kelak kita mendapatkan Syurga Allah.. Amin.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat serta hidayah khususnya buat saya pribadi dan para hadirin sekalian. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan kita ampunan dan senantiasa menempatkan kita pada jalan yang di ridhoi-Nya.

Akhirukalam..   
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nb:
Anda bisa menambahkan muatan ceramah lainnya yang berkaitan dengan bulan Ramadhan serta nilai-nilai Islami lainnya. Baca contoh pidato lainnya; contoh pidato Maulid Nabi.

 

Like Dulu Ya!

Google+ Followers