Teks Pidato Peringatan 17 Agustus



Naskah pidato untuk peringatan hari kemerdekaan. 17 Agustus adalah momen dimana seluruh masyarakat akan memperingati hari besar nasional atau HUT-RI. Pada tanggal 17 Agustus upacara peringatan proklamasi kemerdekaan akan disampaikan dikalayak ramai sebagai pidato upacara yang sangat penting (hari kemerdekaan untuk seluruh masyarakat dan wilayah kesatuan Republik Indonesia).

Materi yang bisa disampaikan dalam naskah pidato tersebut sudah pasti berkaitan dengan perjuangan para pahlawan RI dalam mencapai kemerdekaan, jerih payah mereka dalam melawan penindasan penjajah, memberikan motivasi dan dukungan moril untuk segenap bangsa dan generasi muda, mengenang darah dan pengorbanan para pendiri bangsa yang sangat besar ini.

Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 Presiden pertama RI Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, dan menjadi bangsa yang mandiri serta terbebas dari pendudukan bangsa asing yang melakukan tindak penindasan beratus tahun lamanya. Suara lantang Soekarno dalam mengumandangkan teks proklamasi dihari yang paling bersejarah disambut penuh suka cita oleh bangsa Indonesia.

CONTOH TEKS PIDATO 17 AGUSTUS

Merdeka.. Merdeka .. Merdeka..

Yang terhormat Bapak/Ibu hadirin sekalian

Yang terhormat segenap warga masyarakat yang saya muliakan

Yang saya cintai para generasi muda harapan bangsa

Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa yang telah melimpahkan rahmat tak terhingga kepada kita semua sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul disini pada hari ini dalam kegiatan upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-.

Dihari yang penuh kebahagiaan ini kita selaku warga Negara Indonesia kembali berkesempatan untuk memperingati hari yang paling bersejarah, hari yang paling menggembirakan, hari yang penuh kebahagiaan yakni hari dimana Indonesia berhasil menjadi bangsa yang mandiri, bangsa yang terbebas dari segala macam bentuk penindasan.

Terimakasih kepada seluruh pahlawan-pahlawan Indonesia. Karena perjuangan dan tumpah darahmu kami menjadi bangsa yang bebas dan hidup dengan penuh kedamaian. Kami senantiasa mengenang jasa-jasa kalian, perjuangan kalian, air mata darah kalian dalam memperjuangkan hak bangsa ini untuk mencapai kemerdekaan.

Saudara-saudaraku sekalian, sebangsa, dan setanah air mari kita jadikan momentum hari besar nasional ini sebagai momentum untuk kita berjuang dengan lebih giat lagi untuk menjadikan Negeri yang kita cintai ini menjadi lebih baik. Mari mewujudkan harapan-harapan bangsa untuk melihat Negeri tercinta yang sangat besar ini kian berdiri kokoh, tegap, makmur  serta adil dan merakyat. Sebagai pribadi yang baik, bangsa yang bertanggung jawab banyak yang harus kita perjuangkan guna membawa Indonesia ke jenjang yang lebih baik.

Bentuk rasa terimakasih kita kepada para pahlawan yang gugur dalam peperangan untuk memperjuangkan hak-hak kita tidak hanya dengan cara mengenang sejarah beliau. Bentuk rasa hormat kita kepada para pejuang yang gugur dalam medan pertempuran untuk membela hak dan martabat bangsa tidak hanya dengan membaca riwayat mereka, tetapi kita harus berusahah semampu kita untuk meneruskan perjuangan mereka.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat, dorongan serta motivasi terhadapa saya pribadi dan para hadirin sekalian dalam upaya berjuang untuk membangun Negeri yang besar dan kaya akan warisan budaya ini. Mari kita jadikan momentum ini untuk kita mencoba menoleh kebelakang apa sesungguhnya bentuk pengorbanan yang telah kita lakukan untuk membangun bangsa ini.   

Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka.. Merdeka.. Merdeka..
Terimakasih

 

Like Dulu Ya!

Google+ Followers