Cara Menulis Surat Permohonan Kerja



Surat permohonan kerja sejatinya adalah sebuah surat pengajuan untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang sangat mudah dibuat, namun kita tetap harus memperhatikan hal-hal penting dalam penyusunannya sehingga tidak menjadikan permohonan kita lantas tidak mendapatkan tanggapan yang baik dari pihak Human Resource Department selaku bagian yang menangani rekrutmen karyawan baru.

Sederhana tapi tidak boleh asal-asalan dalam menyusun/membuat surat permohonan kerja. Criteria pokok penulisan surat lamaran harus tercantum dalam surat tersebut. Kalau kita perhatikan surat lamaran kerja hanya terdiri dari beberapa baris kata, tetapi ia harus ditulis dengan benar dan tidak boleh melewatkan poin-poin penting tertentu sebagai surat lamaran.

Berikut ini merupakan contoh penulisan surat permohan kerja untuk ditujukan kepada perusahaan keuangan. Instansi/lembaga keuangan sejauh ini memang menyumbang kuto lowongan kerja yang lumayan tinggi dalam Negeri ini. Selain perbankan, masih banyak instansi keuangan lainnya yang tumbuh pesat dan membutuhkan banyak karyawan.

Contoh tata cara penulisan Surat Permohonan Kerja Yang Rapi

Kepada  Yth,
HRD ADIRA FINANCE SURABAYA
Up. Bapak : _________________
                                               
Lampiran : 6 Lembar                      

Bersama dengan ini atas inisiatif sendiri saya bermaksud untuk mengajukan Surat Permohonan Kerja diperusahaan yang Bapak pimpin guna dapat diposisikan sebagai Surveyor. Sehubungan dengan itu, maka saya :

Nama : Nama lengkap dan title anda
Tempat/Tgl. Lahir :
Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan
Alamat : Tuliskan alamat lengkap anda
Agama : Agama anda
Pendidikan Terakhir : Tulis secara lengkap background pendidikan anda


Mengajukan permohonan kerja kepada ADIRA FINANCE Surabaya yang Bapak pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan dan perlengkapan persyaratan administrative, berikut saya lampirkan beberapa dokumen data identitas dan dokumen pendukung:

1. Foto copy Ijaza terligalisir (satu lembar)
2. Foto copy Transkip Nilai terlegalisir (satu lembar)
3. Daftar Riwayat Hidup (satu lembar)
4. Pas Foto berwarna ukuran 4x6 (dua lembar)
5. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (satu lembar)

Demikian Surat Permohonan Kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sesungguhnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Malang, 20 Juni 2013
Hormat saya,

Materai 3rb/6rb

Nama lengkap pemohon
        &  
Title pemohon


Note:
Jika anda bukan seorang tamatan perguruan tinggi/sarjana, maka tidak persyaratan nomor 2 ditiadakan.

Semua data/dokumen pendukung seperti yang ditulis diatas sepenuhnya wajib anda penuhi, termasuk Daftar Riwayat Hidup atau Biodata Diri..

Title :Contoh Surat Permohonan Kerja

 

Like Dulu Ya!

Google+ Followers