Contoh Surat Permohonan Maaf



Jika seseorang/non individual  terlanjur melakukan suatu kesalahan dan menyebabkan rasa tidak terima dipihak bersangkutan, maka solusinya adalah dengan membuat surat pernyataan permintaan maaf secara resmi.

Suatu contoh, ada seorang artis yang melakukan tindak kekerasan terhadap salah seorang wartawan. Karena merasa kesal artis bersangkutan melakukan tindak kekasaran terhadap wartawan tersebut. Merasa tidak terima, maka wartawan tersebut akhirnya melaporkannya ke aparat hukum. Pihak penganiaya berkesempatan untuk menuju jalan damai dengan membuat surat permohonan maaf.

SURAT PERMOHONAN MAAF
No. I/SPP/VII/13


Kepada Yth,
Hendri Yahya
Hal : Surat Permohonan Maaf

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Herman Suhendra
Jenis kelamin : Laki-laiki
Tanggal lahir : 12 Januari 1985
Alamat : Jalan Padepokan No. 11 Jakarta Timur
Pekerjaan : Artis
Agama : Islam

Sehubungan dengan tindak kesalahan yang telah saya lakukan atas Saudara Hendri Yahya, yakni melakukan tindak kekasaran pada saat hendak memawancarai saya berkaitan dengan pertanyaan yang Suadara ajukan  kepada saya, maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Tindak kekerasan yang saya lakukan terhadap Saudara merupakan tindakan diluar batas, dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan salah yang telah saya lakukan kepada Sudara. Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang salah yang terjadi diluar kesadaran saya, sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari saudara terkait persistiwa tersebut.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak kekerasan yang telah saya lakukan. Semoga Saudara berkenan untuk memaafkan saya. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terimakasih.

Jakarta, 21 Mei 2015
Hormat saya,


Herman Suhendra

 

Drama, K Bijak, Cerpen, Puisi

Like Dulu Ya!

Google+ Followers