Contoh Surat Protes



Surat protes memuat sisi persamaan dengan surat keberatan, tetapi untuk surat protes ia lebih spesifik ke bentuk perlawanan. Surat protes dilayangkan manakala terdapat suatu aktivitas atau kegiatan tertentu yang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang dinilai oleh public/kelompok tertentu. Selain itu, bisa juga karena dampak dari aktivitas tersebut dinilai merugikan orang lain.
Sebagai individu/kelompok yang merasa dirugikan atas suatu kegiatan yang menurut anda hasilnya tidak sebagaimana mestinya anda bisa melayangkan surat protes. Jenis surat protes ada banyak sekali dan pola penulisannya juag dapat disesuaikan berdasarkan poin-poin tertentu, seperti orang/lembaga yang anda layangkan surat.

Dibawah ini adalah contoh surat protes terhadap perusahaan, menuntut agar dilakukan penutupan suatu kegiatan (pengeboran tanah)

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Karya Abadi
Up. Bapak Suhardi Omar
Di-Malang

Hal : Surat Protes
Lampiran : -

Dengan hormat,
Bersama dengan ini, atas nama pemerintah Desa Lurasari Kecamatan Lurukan dalam hal ini bermaksud untuk melayangkan surat protes kepada PT. Karya Abadi berkenaan dengan proyek pengeboran tanah dikawasan Desa Lurasari Kecamatan Lurukan, karena kegiatan tersebut terbukti telah mendatangkan dampak yang tidak baik untuk warga sekitar yang memiliki tanah disekitar area pengeboran.
Sehubungan dengan itu, maka kami meminta agar pihak PT. Karya Abadi lekas membatalkan proyek pengeboran tanah tersebut agar tidak menimbulkan kerugian bagi warga Desa Lurasari Kecamatan Lurukan.
Surat protes ini kami layangkan dengan melakukan berbagai macam pertimbangan, demi kebaikan untuk warga Desa Lurasari Kecamatan Lurukan dan juga demi kebaikan PT. Karya Abadi. Kami menghimbau agar pihak PT. Karya Abadi dengan segera berkenan untuk menutup proyek pengeboran tersebut.
Setelah melakukan musyawarah yang melibatkan aparat Desa dan warga, kami memberikan waktu tujuh hari kepada PT. Karya Abadi untuk melakukan penutupan proyek pengeboran terhitung mulai tanggal 21 Juli 2012, dan apabila setelah lewat tujuh hari kami menjumpai masih terdapat aktivitas pengeboran, maka kami akan menutup proyek tersebut secara paksa.
Demikian surat protes ini kami buat agar dapat dimengerti dengan baik guna menjaga kepentingan kedua belah pihak, yakni PT. Karya Abadi dan Warga Desa Lurasari. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.


Lurasari, 19 Juli 2018
Skretaris Desa Lurasari                                                                                              Pemuda Desa Lurasari


Handoko Yahya                                                                                                               Tantowi Huda
Kepala Desa Lurasari


Titus Bonai, SE.

 

Like Dulu Ya!

Google+ Followers