Membuat Surat Izin Cuti/Libur


Surat ijin cuti/libur diajukan oleh karyawan kepada atasannya diperusahaan tempat dimana yang bersangkutan bekerja. Surat ijin libur sendiri memiliki banyak jenis dan atas keperluan yang berbeda-beda. Surat ijin cuti dibuat atas keperluan tertentu, seperti ijin cuti sakit, izin cuti bersalin/melahirkan, ijin cuti ada keperluan mendesak dan sebagainya.

Sebagai seorang karyawan anda membutuhkan surat resmi untuk memberitahukan permohonan cuti yang ingin anda ajukan sesuai dengan keperluan anda. Ia menjadi kewajiban seorang karyawan sebagai bentuk sikap tanggung jawab serta profesionalisme sebagai seorang karyawan. Jika anda ingin mangambil cuti atas keperluan bersalin biasanya seorang karyawan juga akan mendapatkan haknya berupa uang bersalin dari perusahaan. Namun, tidak semua perusahaan yang memberlakukan pemberian uang bersalin kepada karyawati, tergantung dimana anda saat ini bekerja.

Surat ijin libur ditulis berdasarkan alasan yang sesungguhnya untuk keperluan apa seorang karyawan berniat mengambil masa cuti. Jadi, seorang karyawan tidak diperbolehkan dengan sengaja merekayasa/mengada-ngada sedang berkepentingan mendesak tertentu dengan tujuan agar diberikan kesempatan untuk mengambil cuti. Surat ijin cuti dibuat atas keperluan yang benar-benar mendesak dan bukan untuk hal-hal yang kurang prioritas.

BERIKUT CONTOH FORMAT SURAT IJIN CUTI/SURAT IJIN LIBUR

Kepada Yth,
Bpk. Mulyan Handoko
Pimpinan PT___________
Di-Tempat

Hal : Surat Permohonan Cuti
Lampiran : I (satu) Lampir

Dengan hormat,
Saya yang berketerangan dibawah ini:

Nama : Karina Denisa
Alamat : Isikan alamat tempat tinggal anda
Jabatan : Staff produksi

Sehubungan dengan usia kandungan saya yang sudah mendekati waktu melahirkan/bersalin, maka sesuai dengan anjuran dokter bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti terhitung sejak tanggal 23 Mei 2013 s/d usia bayi genap satu bulan setelah melahirkan.

Sebagai bahan bukti, bersama ini saya lampirkan satu lembar foto copy surat keterangan dari dokter terkait usia kandungan saya.

Berkenaan dengan masa cuti yang saya ambil, saya harap Bapak __________ dapat menemukan pengganti saya untuk mengisi kekosangan yang saya tinggalkan untuk sementara waktu.

Demikian surat permohonan cuti ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas perhatian dan toleransinya saya sampaikan banyak terimakasih.

Lampung, 10 Mei 2013
Hormat saya,


Karina Denisa
Staff produksi

Note:
Usahakan anda membuat surat permohonan cuti dalam senggang waktu yang tidak terlalu mepet agar pihak perusahaan bisa mencari pengganti anda selama anda mengambil cuti. Buatlah surat ijin cuti sekitar 1-2 minggu sebelum anda mengambil cuti, dengan demikian perusahaan memiliki waktu yang cukup untuk mencari seseorang untuk mengisi posisi yang anda tinggalkan.

Title : Contoh Surat Pengajuan Cuti/Libur
Copyright : www.contohsurat.web.id

 

Drama, K Bijak, Cerpen, Puisi

Like Dulu Ya!

Google+ Followers