Contoh Naskah Pidato Tema Tanggung Jawab Sosial


Pidato bertemakan tanggung jawab sosial seringkali dibawakan diberbagai tempat, lingkungan pendidikan, lembaga sosial, akademik dan lain sebagainya.

Sebagai manusia setiap orang memiliki tanggung jawab sosial. Guna mengingatkan akan hal ini banyak sekali agenda/kegiatan-kegiatan sosial yang memang diarahkan kesana.

Pada postingan ini kita akan berbagi contoh naskah pidato yang mengusung tema tanggung jawab sosial.

Buat sahabatku pengunjung blog teksdrama yang sedang membutuhkan contoh teks pidato bertemakan tanggung jawab sosial, berikut salah satu bentuk naskah pidato dengan topik tanggung jawab sosial yang mungkin bisa membantu anda untuk keperluan tertentu sesuai dengan rutinitas anda.


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera saya haturkan, semoga pada hari yang luar biasa ini kita semakin bergerak mendekatkan diri kepada sang maha pencipta.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segenap rahmat serta kemurahan kepada kita. Tanpanya, kita hanyalah sekelompok manusia yang tidak berdaya.

Kedua kalinya sholawat serta salam muda-mudahan tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan kita bimbingan dari jalan yang salah menuju jalan yang diridhoi-Nya.

Yang saya hormati bpk/ibu/saudara-saudari sekalian yang hadir pada majlis yang Insyaallah penuh berkah ini.. Semoga kita bisa menjadi manusia yang baik dan berbudi pekerti serta selalu dikasihi Tuhan yang maha Esa.

Bpk/ibu para hadirin yang saya muliakan..

Kehidupan adalah sebuah perjalanan untuk kita membuktikan diri apakah kita mampu melalui proses kehidupan dari waktu ke waktu dengan tegap dan ikhlas.

Selama mengharungi perjalanan hidup kita dibebani tanggung jawab untuk kita jalankan dengan sebaik mungkin dan tidak menyimpang dari etika kehidupan sosial.

Kita memiliki tanggung jawab kepada diri kita sendiri, tanggung jawab kepada keluarga, tanggung jawab kepada sahabat, tanggung jawab kepada masyarakat, dst.

Tanggung jawab kepada diri sendiri, yakni kita harus membentuk diri kita menjadi seseorang/pribadi yang beretika, beriman kepada yang maha Esa dan juga berguna bagi orang lain. Kita adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan uluran tangan orang lain sehingga disisi lain kita juga harus mengulurkan tangan kita untuk sahabat serta saudara-saudara kita.

Para hadirin yang berbahagia..

Selain bertanggung jawab kepada diri sendiri, kita juga bertanggung jawab terhadap keluarga kita. Apa yang sudah kita lakukan untuk mereka? Apakah kita sudah menjadi sosok yang baik dihadapan mereka? Peduli terhadap mereka, dan menunjukkan cinta kasih kita kepada mereka.

Ini sangat penting, dan kita bukan merupakan pribadi yang baik ketika kita tidak menjalankan kewajiban kita berbakti kepada kedua orangtua, berbudi pekerti kepada keluarga dan mengedepankan kepentingan mereka serta tidak hanya bertindak untuk kepentingan kita pribadi semata.

Para hadirin yang saya muliakan..

Sahabat tidak berbeda halnya dengan keluarga kita sendiri. Mereka semua adalah bagian dari kita. Sudahkah kita menjadi seorang teman yang baik dan bertanggung jawab untuk teman-teman kita atau kita hanya ada untuk mereka disaat mereka sedang dalam suka cita saja? Mari memenuhi tanggung jawab kita sebagai seorang sahabat. Senantiasa ada untuk mereka dalam keadaan apapun, menolongnya saat mereka membutuhkan kita, memperhatikannya dan mengorbankan kepentingan pribadi demi mereka.

Bpk/ibu/ saudara-saudariku yang saya cintai..

Kita adalah makhluk sosial. Sudahkah kita memahami dengan seluas-luasnya arti 'sosial'? Kita hidup saling berketergantungan antara satu sama lain. Saya membutuhkan bpk/ibu/saudara (i), dan disisi lain bpk/ibu/saudara (i) juga membutuhkan saya, karena memang begitulah kita mengharungi kehidupan sebagai makhluk sosial.

Mari menjadi pribadi yang baik dalam bermasyarakat. Mari kita hindari hal-hal negatif yang tidak sepatutnya kita tanamkan dalam diri kita.

Kita memiliki tanggung jawab terhadap sesama. Kita harus peduli, simpati dan selalu saling menjaga satu sama lain karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia.

Ayuk kita menjenguk yang sakit, mari kita memberikan dorongan moril kepada yang lemah, memberikan suntikan motivasi untuk mereka dan selalu bersikap sosialis.

Bpk/ibu para hadirin sekalian..

Terimakasih telah memberikan saya waktu untuk menyampaikan sebuah pesan singkat tentang pentingnya sikap bertanggung jawab, tanggung jawab kita sebagai manusia dalam mengharungi proses kehidupan ini.

Semoga apa yang saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini dapat memberikan manfaat khususnya buat saya pribadi, dan untuk para hadirin sekalian pada umumnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel contoh naskah pidato lainnya :
loading...