Cerpen “Lokasi Menentukan Prestasi”


Contoh cerpen - Banyak opini yang mengatakan, bahwa lokasi menentukan prestasi. Mungkin masih ada saja segelintir orang yang tidak mengamini opini tersebut, namun jika kita mau berargumen secara logis maka sudah pasti tidak ada lagi penyangkalan bahwa “lokasi memang menentukan prestasi”.

Namun demikian, bukan berarti seseorang harus selalu menjadikan lokasi sebagai parameter tunggal, karena selalu tersisa potensi untuk menyempitkan kendala yang ada jika ada nilai usaha dan keseriusan.

Sebuah cerpen…

Tinggallah seorang pemikir disebuah tempat (pedesaan) yang cukup jauh dari kultur perkotaan. Menjalani hari-hari disekeliling orang-orang yang jauh dari kata “sadar diri” siapa diri mereka, dan apa yang mestinya dilakukan.

Seorang pemikir selalu menggali potensi yang ada, hingga ke sela-sela yang terlalu sulit untuk diterjemahkan kedalam bahasa tindakan. Pantang berpikir gagal, selalu membangun dan berbenah, terus menggali energi positif dan menjadikan akal dan nalurinya sebagai alat penggerak utama.

Sipemikir mempunyai aktivitas sehari-sehari sebagai seorang penganalisa dan mencoba terus berinovasi dalam bidang yang dicintainya tersebut. “Lokasi menentukan prestasi”, sipemikir benar-benar dipersulit oleh kondisi.  Bertempat tinggal disebuah desa yang jauh dari jangkauan signal menjadikan sipemikir hampir setiap hari mengalami kendala pada saat sedang beraktivitas untuk berinovasi. Namun, sipemikir tetap berusaha menspolusikan kendalanya dengan logika ada.

Hasil yang didapat memang tidak seoptimal yang diharapkan. Akan tetapi, apa yang didapat jauh lebih maksimal jika dikomparasi dengan lokasi yang kurang mendukung. Bayangkan, jika sipemikir hanya berdiam diri dan berharap suatu hari akan ada BTS dibangun didepan rumahnya, pasti hingga berpuluh tahun kedepan sipemikir tidak akan menghasilkan apa-apa.

“Lokasi menentukan prestasi”, tapi sesempit apapun kesempatan itu, selalu ada jalan ketika Anda mau berpikir dan bertindak untuk menemukan sebuah solusi. Filosofi ini selalu tertanam dalam benak sipemikir sehingga tidak heran jika dia mampu meraih sebuah pencapaian yang sangat fantastis dan hampir mustahil bisa dicapai oleh sebagian orang.

Baca posting lainnya :

loading...